DV RUN; Unleash The Hero In You

LOGO-TFI-HIGH-RESS

Nama          : Billy Johannes

NIM             : 2001563220

Jurusan       : MTI (Master Track Informatika)

 

DV RUN 5K Charity Run, merupakan suatu acara yang diadakan oleh UKM kerohanian BINUS yaitu Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana atau disingkat KMBD. Acara ini diselenggarakan di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 4 Desember 2016 dan open gate pukul 06.00 WIB. Acara ini sengaja diselenggarakan dengan tujuan memberikan sumbangan kepada anak-anak jalanan dan EXPO UMKM BINUS. Segala uang yang di terima dari biaya pendaftaran seluruhnya akan diserahkan dan disumbangkan kepada Yayasan Sahabat Anak dan Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi. Tujuan diadakannya acara ini juga selaras dengan Hari Anak Internasional. Maka dari itu UKM KMBD menunjukkan perasaan tenggang rasa dan apresiasi terhadap anak-anak jalanan yang berjuang untuk menafkahi keluarganya.

Runtutan acara yang disiapkan juga sudah sangat rapih dari pihak KMBD mulai dari pemanasan yang dipimpin oleh instruktur senam, lalu dilanjutkan dengan pengarahan kepada garis start pada pukul 07.00, lalu akhirnya kegiatan lari sejauh 5 Km dimulai dengan tenggang waktu maksimal hingga pukul 09.00. Kegiatan lari ini tidak hanya pada medan yang lurus saja, namun diberikan medan yang berkelok-kelok dan rintangan setelah KM 1 dan KM 2 yang dinamakan The Loop Hero dimana peserta diharuskan untuk melewati beberapa ban yang ditaruh di bawah. Lalu dilanjutkan dengan rintangan Flash Path + Spiked Bamboo Front dimana peserta harus melalui bambu yang dipasang untuk menghalangi dan memberikan usaha ekstra kedapa para pelari. Namun dari banyaknya jalur yang menantang dan rintangan yang diberikan, tak lupa juga pihak panitia menyediakan Water Station dimana para pelari dapat minum sebentar dan melanjutkan kegiatan lari. Untuk pelari yang terkilir atau tidak tahan untuk membuang air kecil, panitia juga menyediakan toilet dan pos medik.

Kegiatan lari melewati pinggir jalan dari sekitaran pantai ancol.

1481388113230[1]1481388124907[1]

Hal ini membuat para pelari tidak terlalu bosan dengan pemandangan yang biasa saja. Namun dapat menikmati bagian dari keindahan alam juga. Alasan para peserta yang ikut dalam acara ini adalah untuk mengembangkan sikap tenggang rasa dengan berani untuk bertindak, serta menyehatkan badan dengan cara berlari pagi yang baik untuk tubuh, memperlancar peredaran darah serta menaikkan kinerja jantung. Banyak peserta yang melakukan hal ini juga karena hobi. Namun dari keanekaragaman alasan yang diberikan, peserta hadir untuk ikut turut serta dalam pemberian sumbangan dan meningkatkan rasa tenggang rasa, serta menyatukan hati pula untuk bersatu.

Pelajaran yang di dapat dari kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan untuk mengajarkan kita agar tidak pantang menyerah dan selalu berusaha untuk dikemudian hari. Tak lupa juga para peserta diingatkan untuk selalu menyelesaikan pertandingan hingga akhir dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

1481388114752[1]1481388115974[1]1481388120420[1]1481388118407[1]

Untuk anak-anak jalanan yang masih diluar sana, kalian sudah berbuat luar biasa dan menjadi pengaruh yang besar terhadap bangsa. Jangan pernah untuk patah semangat karena hari esok adalah hari yang cerah, masalah untuk hari ini hanyalah masalah untuk hari itu saja. Selalu memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan menjadi contoh untuk orang disekitar kita agar orang disekitar kita juga tahu bahwa Pancasila yang mendasari segalanya yang kita tunjukkan dari sikap kita.

Anak-anak jalanan di Indonesia sudah tergolong banyak, namun jika kita yang mampu dapat membantu sesama apalagi memberikan kebahagiaan serta memberikan dampak positif kepada mereka, maka mereka pun dapat melakukan hal yang sama. Dan pada akhirnya semua anak-anak jalanan di Indonesia dapat bersekolah sesuai dengan yang di atur oleh pemerintah. Sarana bantuan yang dapat kita berikan dapat berupa apa saja dan dalam bentuk bagaimanapun

DV RUN 5K! Unleash The Hero In You!

Jadilah pahlawan untuk sekitar kita, dimulai dari hal kecil sekalipun!

This entry was posted in Task and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *